Hindari 3 Penyakit Berbahaya Ini dengan Menjaga Kolesterol

Hindari 3 Penyakit Berbahaya Ini dengan Menjaga Kolesterol

December 13, 2018

Siapa bilang kolesterol tinggi hanya dialami oleh mereka yang mengalami obesitas? Kamu yang berbadan kurus dan terlihat segar pun juga bisa memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dalam darah, lho! Kondisi meningkatnya kadar kolesterol dalam darah seperti ini biasanya disebut dengan dislipidemia. (1)

Menurut George Fodor dari Institut Jantung Universitas Ottawa, Ottawa, Ontario, Kanada, Dyslipidemia didefinisikan sebagai peningkatan kadar kolesterol total atau low-density lipoprotein (LDL), atau tingkat rendah kolesterol high-density lipoprotein (HDL), merupakan faktor penting penyebab penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke.(2,3) Umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau penuaan, seiring bertambahnya usia, fungsi organ kita akan menurun dan mempengaruhi proses metabolisme kolesterol dalam tubuh kita.

Meningkatnya kolesterol dalam darah tidak memiliki gejala yang khas, jadi sering kali kita abaikan dan dianggap tidak berbahaya. Padahal, tiga penyakit berbahaya berikut ini bisa terjadi jika kita membiarkan kolesterol dalam darah tinggi. Simak yuk!
1. Hipertensi, kondisi medis kronis yang disebabkan karena adanya timbunan plak kolesterol dan kalsium dalam arteri sehingga arteri mengeras dan menyempit sehingga jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah keseluruh tubuh dan menyebabkan tekanan darah tinggi.
2. Serangan jantung, jika pasokan darah menuju jantung bermasalah kemungkinan besar Kamu akan mengalami serangan jantung. Yup, gangguan ini disebabkan karena adanya penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya. Gejala yang mungkin muncul pada penderita serangan jantung umumnya sesak napas sakit atau nyeri di bagian dada. Gangguan aliran darah ke jantung tersebut bisa merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berakibat fatal.
3. Stroke, adalah keadaan darurat medis yang dapat menyebabkan matinya sel otak dalam hitungan menit yang disebabkan karena terhambatnya pasokan darah ke otak karena tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi. Akibatnya bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kebayang kan betapa bahayanya kalau kita tidak menjaga kolesterol dalam tubuh kita? Menjaga kestabilan kolesterol dalam darah bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Salah satu cara yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi oats, kandungan beta glucan didalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol dengan memicu hati untuk menarik LDL dari aliran darah untuk ekskresi, mengikat beberapa kolesterol dalam saluran pencernaan, dan mencegahnya memasuki aliran darah.(4-6) Untuk kesehatan yang lebih baik, mulailah mengkonsumsi oats dari sekarang! #GoodDaysStartWithQuaker!

Source:
(1) https://www.aafp.org/afp/2011/0515/p1207.html
(2) http://www.heart.org/HEARTORG/HealthyLiving/HealthyEating/Nutrition/Whole-Grains-and Fiber_UCM_303249_Article.jsp#.WLXEy2Tae3c
(3) 21 CFR 101.81 Health Claims: Soluble Fiber From Certain Foods and Risk of Coronory Heart Disease (CHD). (2011, May 1). US Food and Drug Administration. Retrieved from https://www.accessdata.fda.gov/scripts/cdrh/cfdocs/cfcfr/cfrsearch.cfm?fr=101.81
and https://www.gpo.gov/fdsys/pkg/FR-1997-01-23/pdf/97-1598.pdf
(4) Sadiq Butt M. et al., Eur J Nutr. 2008 Mar Vol. 47(2) page 68-79.
(5) EllegÄrd L. and Andersson H. Eur J Clin Nutr. 2007 Aug Vol. 61(8) page 938-945.
(6) Marlett JA. et al., Hepatology. 1994 Dec Vol. 20(6) page 1450-1457.

Komentar