Kebaikan Quaker Oat dengan Quaker Grain

Kebaikan Quaker Oat dengan Quaker Grain

August 7, 2018

Oleh Indra Balaratnam

Konsultan Dietitian

 

Oat ditemukan pertama kali di Mesir sekitar awal tahun 2000 SM. Sejak itu, Oat telah dibudidayakan di berbagai wilayah di seluruh dunia dan pada tahun 1849 ditetapkan sebagai makanan sehat dan direkomendasikan untuk sarapan di Amerika Serikat. Kini, oat dibudidayakan di 42 negaradi 5 benua (1). Keserbagunaan oat sangat cocok untuk setiap  orang dalam keluarga, mulai dari bayi hingga anak-anak, orang dewasa, orang tua dan vegetarian. Dalam beberapa tahun terakhir, oat disebut sebagai oat super karena merupakan oat utuh bergizi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

 

Oat untuk Kebaikan Oat Utuh

Untuk setiap gramnya, semua produk oat utuh, seperti Oat Instan, Oat Cepat Masak, ,Oat Instan dengan rasa,  memberikan manfaat oat  utuh yang sama. Ukuran dan bentuk yang berbeda dari oat hanya mempengaruhi waktu memasak dan teksturnya saja!

Setiap lapisan oat utuh memiliki tiga bagian utama. Ini adalah Kulit ari, Bakal Biji dan Endosperma. Setiap bagian memberikan banyak nutrisi penting:

Kulit ari adalah lapisan terluar dari biji, yang  memelihara benih dan kaya akan serat. Kulit ari juga mengandung protein dan sekitar 50% protein dalam oat ditemukan di lapisan kulit ari (2). Protein penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh (3).

Bakal biji adalah lapisan paling dalam dari biji, yang merupakan cikal bakal benih dan mengandung vitamin B. Selain itu juga kaya akan antioksidan serta mengandung Vitamin E dan lemak sehat.

Endosperma adalah lapisan tengah dari biji, memiliki kandungan  karbohidrat dalam jumlah besar  untuk mempertahankan gaya hidup aktif, serta mengandung protein dan vitamin B (2).

Biji-bijian utuh menyiratkan bahwa ketiga bagian penting biji tersebut masih utuh. Lapisan tersebut membuat biji-bijian lebih bergizi, sehingga tidak mengherankan bahwa Pedoman Diet Malaysia tahun 2010 merekomendasikan konsumen mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan biji-bijian yang cukup , serta paling tidak setengah dari biji-bijian yang kita makan adalah biji-bijian utuh (4) .

 

Oats Sangat Bergizi

Oat benar-benar bergizi dan memberikan nutrisi dalam jumlah besar:

  • KARBOHIDRAT: Untuk menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh dan membantu kita untuk tetap aktif.
  • PROTEIN: Untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan otot; dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan (3).
  • SERAT: Oat kaya akan serat makanan baik yang larut maupun tidak larut. Serat tidak larut meningkatkan jumlah feses dan membantu mendukung keteraturan dan fungsi pencernaan, sementara serat larut meningkatkan rasa kenyang. Oat juga mengandung jenis khususserat larut beta glucan, yang berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol darah (2, 5).
  • VITAMIN: Oat adalah sumber vitamin B1 dan B6 yang penting. Vitamin B1 berfungsi sebagai koenzim untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B6 merupakan salah satu faktor penting dalam metabolisme energi dan pembentukan jaringan (6, 7).
  • MINERAL: Oat adalah sumber magnesium, fosfor dan seng (6, 7).

 

Oat Lebih Bergizi Dibandingkan Beras Putih

Apabila dibandingkan dengan beras putih, untuk setiap gram Oat mengandung :

  • 1,7 kali lebih banyak Protein
  • 7 kali lebih banyak Serat
  • 4 kali lebih banyak Zat besi

DAN

  • 4 kali lebih banyak Magnesium (6, 8).

Mengganti nasi putih atau bubur beras putih dengan Quaker instan atau Oatcepat masak ; atauQuaker Oat  untuk nasi dengan Oat, karena itu dapat membantu meningkatkan asupan gizi Anda.

 

Oat Memberi Manfaat Kesehatan

Nutrisi dan zat fito kimia lainnya dalam Oat secara kolektif berkontribusi memberikan  berbagai manfaat kesehatan, seperti:

Oat Dapat Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Kolesterol total yang tinggi merupakan faktor risiko untuk terkena penyakit jantung, karena dapat menyumbat pembuluh darah. Penelitian  menunjukkan bahwa 3g hingga 6g serat larut beta glukan setiap harinya dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL secara signifikan (9). Oat adalah sumber serat larut beta glucan yang penting dan setiap 35 g oat – instan, cepat masak dan jenis lainnya mengandung 1,4g serat beta glucan larut. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan mengonsumsi paling tidak 70g atau 10 sendok makan oat setiap hari untuk menurunkan kolesterol (6).

Sebagai hasil dari dampak manfaat oat dalam menurunkan kolesterol, pada tahun 1997, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (US FDA) menyetujui penggunaan klaim kesehatan bahwa “Makanan yang kaya akan oat atau havermut , dikombinasikan dengan diet rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol, dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung ”(9). Kementerian Kesehatan Malaysia juga menyetujui pencantuman kata – kata, “Beta glucan dari oat dapat membantu menurunkan kolesterol” pada label produk- produk dengan serat larut sejak tahun 2005 (7).

Penting untuk diingat adalah  Anda tidak harus menjadi warga negara senior untuk memiliki kadar kolesterol darah tinggi. Kolesterol yang berlebihan sudah mulai terakumulasi sejak usia muda – sehingga mengkonsumsi oat setiap hari dalam keluarga dapat membantu membangun kebiasaan baik untuk hidup sehat sejak dini.

 

Oat Dapat Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung dan stroke. Oat dapat berperan dalam membantu mempertahankan tekanan darah, karena oat adalah biji-bijian utuh dimana banyak penelitian skala besar telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya biji-bijian lebih cenderung memiliki tekanan darah yang lebih sehat (10-11).

Diet  di Amerika Serikat yang didukung secara ilmiah oleh Pendekatan Diet untuk menghentikan Tekanan Darah Tinggi (Dietary Approaches to Stop Hypertention – DASH)  menyarankan untuk mengkonsumsi biji – bijian sereal dalam jumlah banyak bersama dengan buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak untuk membantu menstabilkan tekanan darah (12).

 

Oat & Pengaturan Berat Badan

Untuk mengatur berat badan, ahli gizi menyarankan agar Anda memilih makanan yang tidak hanya memberikan energi, tetapi juga memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun kunci dari pengaturan berat badan adalah untuk menjamin bahwa  kalori secara keseluruhan tidak meningkat dan asupan kalori lebih rendah daripada pengeluran kalori.

Oat merupakan mitra pengaturan berat badan yang ideal, karena oat mengandung serat yang larut dan tidak larut yang dapat  meningkatkan rasa kenyang setelah mengkonsumsi semangkuk oat. (13, 14, 15).

Serat yang larut dalam air dan berubah menjadi gel dapat memperlambat pergerakan makanan dan nutrisi dari lambung ke usus, dan ini berkontribusi terhadap rasa kenyang (14, 15). Serat larut dalam oat  disebut Beta Glucan.

Memasak oat dalam cairan sangat disarankan, karena lebih mudah melarutkan serat beta glucan sehingga membuat oat lebih mengenyangkan dibandingkan serealia  siap saji yang dimakan dengan susu dingin (16).

 

Oat & Kesehatan Pencernaan

Oat adalah makanan kaya serat yang membuat meningkatkan feses serta mendorong buang air besar.  (17).

 

Oat Makanan Pelengkap Yang Bermanfaat Untuk Semua Orang Oat benar-benar makanan bergizi untuk berbagai usia.  Anak-anak, orang dewasa, dan orang tua, semua bisa mendapatkan manfaat dari kebaikan oat utuh dan nutrisi dalam oat.  Selain itu, oat juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah dan kesehatan pencernaan yang lebih serta keteraturan. Oleh karena itu, sangkatlah penting untuk mempertimbangkan menambahkan oat ke dalam menu harian keluarga.

Berikut ini beberapa ide makanan lezat untuk membantu Anda memasukkan oat  ke dalam menu sehari – hari :

  • Masak oat menjadi bubur hangat dengan berbagai variasi rasa. Rasa manis dapat dihasilkan dengan menambahkan buah atau kacang – kacangan, sementara rasa gurih dengan menambahkan daging dan sayuran.
  • Campurkan susu rendah lemak, yogurt, buah dan oat instan untuk membuat smoothie yang lembut.
  • Gunakan oat sebagai pengganti tepung putih saat membuat panekuk, gorengan , muffin, cake atau kue kering untuk meningkatkan kandungan serat.
  • Gunakan oat untuk melapisi daging, dan memanggangnya sehingga menjadi remah biji – bijian utuh yang lebih sehat dan renyah.
  • Tambahkan oat masak instan / cepat masak ke dalam nasi yang Anda masak.
  • Taburkan oat instan ke dalam minuman panas untuk menjadi camilan sehat yang mengenyangkan
  • Kudapan pada makanan sehat seperti Quaker granola bar, oat cookies, atau minuman bubuk serealia.

Komentar