Sudahkah Si Kecil Mendapatkan Serat yang Cukup?

Sudahkah Si Kecil Mendapatkan Serat yang Cukup?

April 20, 2018

Semua orang usia berapapun, pasti mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi makanan tinggi serat. Makanan kaya serat sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak, karena selain mengisi perut juga membantu mencegah makan berlebihan, dengan kata lain menjadi senjata yang penting dalam perang melawan obesitas pada anak-anak. Meski demikian, mungkin bukan hal mudah membuat si kecil duduk manis dan makan makanan kaya serat yang Anda sodorkan. Karenanya, penting bagi Anda untuk menemukan banyak cara agar mereka tetap mau mengkonsumsi serat sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara simpel untuk menambahkan serat pada konsumsi keluarga Anda:

Sarapan

  • Hidangkan oatmeal bagi si kecil dengan topping buah segar.
  • Pilih sereal gandum utuh atau yang menggunakan gandum utuh atau oats sebagai bahan utamanya.
  • Dalam daftar ingredient campurkan sereal favorit si kecil dengan sereal kaya serat atau tambahkan satu sendok teh dedak pancake atau waffle menggunakan tepung gandum utuh dan taburi dengan apel, berry atau pisang.
  • Berikan roti bagel dari atau roti polos utuh sebagai pengganti roti panggang biasa.

Makan siang dan makan malam

  • Buatlah sandwich favorit keluarga menggunakan roti dari biji-bijian utuh sebagai pengganti roti biasa.
  • Gunakan spaghetti whole-grain (bijian utuh) atau pasta sejenis, sebagai pengganti pasta biasa.
  • Ciptakan sendiri pembungkus sayuran sehat berupa tortilla atau roti pita yang terbuat dari gandum utuh.
  • Hidangkan beras kanada atau beras merah, sebagai pengganti beras putih.
  • Tambahkan kacang-kacangan seperti kacang merah, hitam dan kacang pinto pada nasi agar lebih banyak serat.
  • Tambahkan lentil atau biji-bijian utuh jelai pada sup favorit si kecil.
  • Ciptakan pizza mini dari gandum utuh, tambahkan saus pizza dan topping keju rendah lemak dan sayuran.
  • Tambahkan sayur yang diparut atau yang dicincang halus ke dalam sup, hamburger atau meatloaf.
  • Biasakan makan kentang panggang bersama kulitnya.

Snack dan Cemilan

  • Taburkan sereal whole-grain (bijian utuh) dan buah segar diatas es krim rendah lemak atau yogurt sebagai pencuci mulut yang sehat.
  • Gantikan beberapa atau bahkan semua jenis tepung pada resep kue atau muffin dengan tepung bijian gandum utuh. Tambahkan kismis, berry atau pisang sebagai campuran untuk menambahkan ekstra serat.
  • Oleskan selai kacang atau keju rendah lemak diatas biskuit dari gandum utuh
  • Kudapan berondong jagung tanpa mentega saat nonton film bersama keluarga.
  • Buatlah salad buah dari campuran pear, apel, pisang dan berry yang ditaburi potongan almond
  • Bersihkan buah-buahan dan sayuran dari kulitnya, lalu sajikan sebagai snack.

Komentar