Wanita dan Kebutuhan Nutrisinya yang Unik

Wanita dan Kebutuhan Nutrisinya yang Unik

April 20, 2018

Jika Anda perhatikan lorong supermarket baru-baru ini, semakin banyak jumlah makanan yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi wanita secara langsung, termasuk sereal, granola bar dan yogurt. Hal ini terjadi karena faktanya wanita dan pria memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Wanita butuh kalori lebih sedikit dibanding pria

Wanita biasanya secara fisik lebih kecil dibanding pria namun memiliki rasio lemak lebih besar dibanding otot jika dibandingkan pria. Oleh karena itu, wanita perlu lebih sedikit kalori untuk tubuh. Berdasarkan Dietary Gidelines for Americans, wanita berumur 31 sampai 50 tahun harus mengonsumsi rata-rata 2,000 kalori per hari, berbeda dengan pria, pada usia yang sama pria butuh 2,400 dan 2,600 kalori per hari.

Nutrisi yang penting bagi wanita

Sebagai wanita, ada beberapa vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mengurangi resiko dari kondisi kesehatan tertentu dan bisa mempengaruhi kesehatan mereka bahkan calon bayi mereka. Nutrisi penting ini termasuk :

Zat Besi

FDA-Food and Drug Administration atau BPOM-Badan Pengawas Obat dan Makanan menyatakan bahwa, RDA-Recommended Dietary Allowance atau AKG Angka Kecukupan Gizi* perhari untuk zat besi yang dibutuhkan oleh wanita adalah 18 mg per hari, yang artinya 5 mg lebih banyak dari AKG untuk pria. Wanita membutuhkan lebih banyak zat besi karena ketika menstruasi tiap bulannya mereka kehilangan banyak zat besi. Ketika menopause, simpanan zat besi dalam tubuhnya meningkat. Beberapa makanan secara alami mengandung zat besi yang tinggi, seperti daging merah, daging ayam, ikan, bayam, lobak dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang hitam dan kacang belang) juga ikan dan unggas. Beberapa olahan makanan dari gandum seperti sereal, roti gandum dan pasta gandum, sekarang juga diperkaya dengan zat besi.

*AKG atau Angka Kecukupan Gizi adalah gizi yang harus didapat dari makanan setiap hari – jumlahnya berbeda untuk setiap kelompok tergantung umur, jenis kelamin dan berat badan.

Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan wanita sebelum dan selama masa kehamilan. Vitamin B ini terbukti dapat melindung janin yang sedang tumbuh dari kerusakan saluran kehamilan seperti spina bifida. Menurut Mayo Clinic, wanita yang sudah berumur ideal untuk melahirkan harus mengonsumsi 400 microrgram asam folat setiap hari. Dan begitu hamil, wanita membutuhkan 600 microgram asam folat per hari. Bentuk alami asam folat disebut folate, dan dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang kapri kering, brokoli dan buah jeruk. Asam folat adalah zat buatan yang biasanya digunakan untuk memperkaya makanan seperti sereal, nasi, pasta dan roti.

Kalsium

Kalsium memainkan peran penting dalam mengurangi resiko osteoporosis pada wanita, penyakit yang membuat tulang rapuh dan rentan terhadap benturan. Wanita perlu mengonsumsi kalsium yang cukup saat muda, untuk menciptakan ‘bone bank’ (bank tulang) yang nantinya akan dibutuhkan. National Institutes of Health (NIH) menyarankan wanita yang berumur 9 hingga 18 untuk mengonsumsi 1,300mg kalsium per hari. Wanita berumur 19 hingga 50 tahun perlu mengonsumsi 1,000mg kalsium per hari dan untuk wanita berumur 50 atau lebih harus memastikan asupan kalsium sebanyak 1,200mg per hari. Makanan yang kaya akan sumber kalsium antara lain produk olahan susu rendah lemak, ikan kalengan bertulang lunak (sarden), dan jus jeruk tanpa tambahan gula yang diperkaya kalsium.

Komentar